Catatan Owner – Getaway Day to Bogor

Jalan – jalan ke Bogor itu menyenangkan karena masih banyak pepohonan, bangunan lama yang masih berdiri seperti layaknya kota tua memanjakan mata yang terbiasa melihat keruwetan kota dan hutan beton. Abaikan kemacetan dan riuh lalu lintas, anda punya banyak pilihan.

Bagaimana caranya kesana? Well ada beberapa alternatif disesuaikan dengan kebutuhan. Option yang direkomendasikan adalah naik KRL tujuan Stasiun Bogor lalu dari sana bisa jalan kaki, naik angkot atau ojek online yang sudah mulai tersedia, semua tergantung dari kemana tujuan anda. Kebun Raya Bogor dan Istana Bogor tidak terlalu jauh dari Stasiun, bisa dicapai dengan berjalan kaki (siapkan fisik anda karena bagi yang tidak terbiasa berjalan jauh, jaraknya cukup melelahkan).

Yang tidak boleh dilewatkan jika di kota ini adalah oleh – oleh khas seperti Asinan Gedong Dalam, Roti Unyil Venus, Lapis Talas Bogor (merk yang dikenal adalah Sangkuriang), Roti jadul Tan Ek Tjoan, Macaroni Panggang, dan masih banyak lagi (saya hanya menyebutkan yang paling sering saya beli).

Senin kemarin saya dan suami mencoba ke Bogor naik kereta lalu dilanjutkan dengan taxi online ke Mall Ekalokasari yang letaknya bersebelahan dengan Roti Unyil Venus (pulang saya niatkan mampir untuk mampir kesana). Tujuan kami kesana adalah untuk mencoba bioskop Cinemaxx Gold yang konon mirip dengan XXI Premiere. Suami mau menonton film Alien Covenant dengan suasana unik karena kalau di bioskop biasa (saya gak sebut nama) itu suka sebal sendiri karena terganggu penonton lain yang berisik, menendang kursi, mondar mandir, belum lagi anak kecil di pemutaran film khusus 17+ terbayang mangkelnya (bahasa Indonesianya jengkel) kalau jauh – jauh niat menonton malah dirusak oleh hal kecil. Makanya kami sengaja mencari bioskop yang baru buka dan kelas paling tinggi (harga tiketnya karena hari biasa Rp 60.000 saja, kalau sesekali gakpapa, keseringan bisa menyebabkan gangguan serius pada kantong hehehe).

Bioskopnya terletak di lantai 3, bisa diakses dengan lift lalu dilanjutkan escalator khusus menuju Cinemaxx, awas jangan salah masuk ke 21 Cineplex. Kami mengalami kejadian cukup memalukan karena salah, kami kira 21 Cineplex itu sama dengan Cinemaxx karena biasanya dalam 1 gedung hanya ada 1 bioskop ternyata kami salah, disana ada 2 bioskop ternama.

Lobi Cinemaxx perpaduan antara XXI dan Blitz Megaplex, berkarpet seperti XXI dan penjualan tiket+makanan di loket seperti Blitz. Untuk kelas Gold ada lounge tersendiri yang letaknya agak didalam. Bisa beli tiket dan makanan sekaligus, makanannya akan diantar waktu anda masuk ke dalam.

IMG_20170515_124710_HDR

Oiya untuk kelas Gold, teaternya hanya sekitar 40 kursi saja dengan model reclining seat dan setiap 2 kursi ada meja kecil untuk meletakkan makanan yang dibeli (bukan bawa dari luar loh karena sewaktu masuk tas anda akan diperiksa). Kursinya sangat nyaman lebar, bisa diatur otomatis dan ada tempat meletakkan minum di bagian kanan kursi, sehingga anda tidak perlu repot, disediakan selimut juga jika anda merasa kedinginan.

Gold-

Waktu pemutaran film hanya ada 2 orang lagi selain kami sehingga total hanya 4 penonton, luar biasa memuaskan dengan fasilitas lengkap dan tanpa terganggu penonton lain.

Selesai menonton kami mampir ke Roti Unyil Venus yang sudah saya niatkan dari awal, antrian selalu panjang tapi cukup cepat. Kalau anda terburu – buru dan tidak sabar bisa membeli paket 20-30-40 roti campur yang sudah di masukkan kotak sehingga tinggal bayar. Mohon diingat, disini hanya terima pembayaran cash, sebenarnya cukup merepotkan kalau pembelian banyak, pastikan uang anda cukup untuk membayar dikasir. Hitung roti yang mau dibeli (disesuaikan dengan uang di dompet), harga Rp 1.500/pc per Mei 2017.

Roti Tan Ek Tjoan berada di seberang Mall Ekalokasari, persisnya di Ruko tikungan. Kalau anda mau kembali ke stasiun menggunakan ojek atau taxi online disarankan menunggu di depan loading dock hypermart (antara Roti Unyil dengan Mall Ekalokasari) supaya lebih mudah bagi driver menjemput dan putar balik.

Sampai di Stasiun Bogor tinggal memilih kereta sesuai tujuan anda, karena kami berhenti di Stasiun UI/Pondok Cina jadi bisa naik kereta tujuan Jakarta Kota atau Jatinegara.

Pergi pagi hari ke Bogor dan pulang sore hari memang waktu yang pas karena “melawan arus” jadi kalau keretanya tidak ada gangguan, bisa duduk dengan nyaman karena banyak kursi kosong.

Happy Getaway 😉